Thursday, March 18, 2010

Menyikapi Perubahan

Perubahan adalah sesuatu yang sangat sangat normal bagi manusia. Saat ini kita merasakan perubahan siang ke malam dan juga sebaliknya dalam setiap harinya. Selain itu tubuh kita juga selalu berubah dan berkembang dalam setiap waktunya, bahkan 'mod' kita bisa berubah-ubah di setiap detik kehidupan kita. 

Ada 3 type manusia dalam menyikapi sebuah perubahan, yaitu :

  • Type 'chicken' atau penakut. Orang-orang pada type ini akan selalu mengalami ketakutan ketika melihat perubahan. Mereka sudah membayangkan bagaimana susahnya menjalani semua fase perubahan tersebut. orang-orang seperti ini layaknya orang yang kalah sebelum berperang, atau seorang yang sangat ketakutan bila disuruh untuk mendaki gunung ketika melihat betapa tingginya gunung yang akan di daki tersebut.
  • Type kedua adalah type 'camper'. Ketika kita mendaki gunung, maka tidak sedikit kita jumpai orang-orang yang bermental seperti ini. Mereka akan berhenti dan mendirikan tenda apabila sudah menemukan tempat yang lapang dan nyaman. Kalau kita korelasikan pada kehidupan kita sehari-hari, orang-orang seperti ini akan menjadi pendukung perubahan ketika dia belum menemukan tempat yang 'diinginkan'. Tetapi sekali dia telah menemukannya, dia akan menjadi penentang perubahan. Atau dengan kata lain orang-orang seperti ini telah terjebak dalam 'comfort zone'. Mereka akan marah ketika kenyamanannya terusik dan akan sangat lamban dalam bertindak apabila kenyamanannya terpaksa harus dihentikan.
  • Type terakhir adalah type 'climber'. Seperti namanya yaitu climber, orang-orang yang bertype ini tidak akan tergiur oleh tempat-tempat nyaman yang ditemuinya ketika mendaki sebelum mereka benar-benar sampai di puncak. Orang-orang seperti ini mempunyai kegigihan yang sangat besar dalam merealisasikan cita-cita nya. Mereka akan terus bergerak dan seakan-akan energinya tidak pernah habis. Dan ketika mereka sudah menaklukkan sebuah puncak gunung, maka mereka akan mencari puncak-puncak gunung yang lain untuk menjadi target penaklukan berikutnya.
Semoga kita semua bisa memotivasi diri kita untuk selalu berusaha menjadikan diri kita sebagai climber-climber sejati. Aamiin

No comments:

Post a Comment